Tokomall Netra

Platform NFT Netra Bagi Royalti Untuk Musisi Papan Atas

Bertujuan untuk menolong pemberdayaan potensi musisi Indonesia, TokoMall menjalin kerjasama dengan Netra untuk menghadirkan NFT royalty-sharing dari musisi papan atas yang dapat diakses di fitur Collectibles.

Musik sudah menjadi salah satu industri yang dipandang TokoMall mempunyai potensi dan kelompok sosial yang besar di Indonesia. Para pelaku industri musik malah sekarang telah mulai melirik NFT sebagai salah satu teknologi yang perlu disadur dalam menghadirkan kebaruan dari karya yang dimiliki.

Pengaplikasian NFT di industri musik dipandang sebagai salah satu sistem untuk menolong memecahkan dilema di industri musik seperti royalti.

“Pengaplikasian smart contract dalam NFT memungkinkan kita untuk menentukan alur royalti yang berkelanjutan bagi kreator dalam industri apa saja yang sudah menciptakan karya mereka dalam format NFT. Hal ini yang menjadi salah satu skor lebih dari NFT bagi para pelaku industri kreatif yang selama ini mempunyai tantangan berhubungan keberlangsungan royalti dari karya yang dimiliki,” terang Thelvia Vennieta, Head of TokoMall dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (3/6/2022).

Netra ialah platform web3 bagi penggiat seni untuk berbagi kepemilikan musik dan pembagian royalti menerapkan Non-Fungible Token (NFT) yang pertama di Asia. Dengan adanya Netra, fans dapat ikut serta mempunyai nyanyian karya penggiat seni unggulan.

Kecuali itu, Netra juga menawarkan metode royalty sharing atau ‘listen-to-earn’, dimana pemegang NFT akan dibayar tiap kali ada yang memperdengarkan nyanyian hal yang demikian.

“Kami percaya teknologi web3 dan blockchain ialah masa depan musik, masa depan yang lebih adil, masa depan yang lebih transparan. Teknologi ini memungkinkan suatu hal yang tadinya tak mungkin, bagi publik untuk mempunyai komponen dari legacy maestro musik Indonesia. Dengan bekerjasama dengan TokoMall, kami ingin bisa memudahkan jalan masuk dan memperluas gerakan revolusi decentralized music ini,” ujar Setiawan Winarto, CEO Netra.

Tiap NFT Netra, melambangkan komponen kepemilikan dari sebuah nyanyian karya musisi papan atas Tanah Air, seperti Titi DJ, Andra Ramadhon, Dewa Budjana, Indera Lesmana, dan masih banyak lagi. Sesudah 3 bulan, pemilik NFT bisa mengklaim streaming royalti via dashboard di web Netra.

Royalti hal yang demikian akan dikumpulkan dari berjenis-jenis tipe platform seperti Spotify, Apple Music, YouTube, dan lainnya.

Ketika ini Netra telah sah dipersembahkan dan telah hadir di TokoMall pada 27 Mei 2022. Kecuali itu, akan ada banyak penggiat seni papan atas lainnya yang akan bergabung dalam Netra dalam waktu dekat. Nantinya para holder NFT Netra yang akan menerima benefit berupa sharing royalty. Kecuali itu, akan ada koleksi musisi khusus yang cuma ada di TokoMall seperti Titi DJ.

Langkah ini dikerjakan untuk memperluas revolusi Decentralized Music di Indonesia. “Visi utama Netra ialah untuk menjadi platform dan sebagai partner para musisi untuk menjelang dunia Web3, Blockchain dan Metaverse” kata Setiawan Winarto menerangkan.